Walikota Medan Tinjau Kesiapan Pangan Di Sejumlah Pasar Modren

coverbothside.com, Medan: Mendekati Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah Walikota Medan, Tengku Dzulmi Eldin bersama dengan Tim Terpadu pengawasan makanan dan minuman melakukan tinjauan kesejumlah pusat perbelanjaan modren, Senin (4/6/2018).

Berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan di dua tempat yakni di Carefour dan berastagi Manhattan Medan ditemukan sejumlah makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa dan juga tidak memiliki label halal. Adapun jenis pangan yang ditemukan meragukan tersebut yakni jenis kacang-kacangan dan produk susu. Untuk memastikan apakah produk tersebut kadaluarsa atau tidak layak konsumsi Dinas Perdagangan mengambil sample dan akan melakukan pengecekan. jika terbukti, ditegaskan agartidak diedarkan lagi.

Walikota Medan, Tengku Dzulmi Eldin mengaku pihaknya memang masih menemukan sejumlah makanan dan minuman yang memiliki label yang tidak jelas. dan juga makanan dan minuman import yang masih dicampur dengan makanan lokal. Eldin mengharapkan agar temuan ini tidak lagi beredar dengan meminta Tim terpadu pengawasan yang terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan untuk melakukan pengecekan dan mengawasi.

“Jadi segera lakukan pemeriksaan secara ketat makanan dan minuman yang dijual di supermarket maupun mini market! Saya tidak mau masyarakat sampai membelinya!” kata Wali Kota.

Selain memerintahkan makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa, termasuk yang mendekati tanggal expired  untuk ditarik, Wali Kota selanjutnya dengan tegas minta kepada manajemen supermarket maupun mini market agar tidak menjual makanan dan minuman kadaluarsa, begitu juga dengan makanan dan minuman yang kemasannya telah rusak.

“Apabila ada supermarket maupun mini market yang kedapatan menjual makanan dan minuman kadaluarsa tersebut, Pemko Medan langsung memberi sanksi tegas. Untuk itu saya ingatkan kepada seluruh manajemen supermarket dan mini market agar tidak mencobanya,” tegasnya.

Selanjutnya guna menghindari membeli makanan dan minuman kadaluarsa, Wali Kota berpesan agar hati-hati ketika membelinya. Selain memastikan kemasannya tidak rusak, masyarakat juga dimintanya untuk memperhatikan dengan seksama tanggal expired makanan maupun minuman yang dijual tersebut.

“Teliti lebih dulu sebelum membeli, jangan lantaran harga makanan maupun minuman yang ditawarkan relatif sangat murah langsung tergiur membelinya.  Utamakanlah kesehatan, sebab lebih baik mencegah dari pada mengobati,” pesannya.

Kemudian kepada OPD terkait, Wali Kota minta agar bekerja lebih keras lagi supaya tidak kecolongan. “Bekerjalah dengan keras dan baik untuk mencegah jangan sampai ada supermarket maupun mini market di Kota Medan yang menjual makanan maupun minuman kadaluarsa, termasuk yang rusak kemasannya maupun mendekati tanggal expired,” pungkasnya.

Sementara itu Hadir pada tinjauan tersebut, Kadis Perdagangan, Armansyah Lubis, Kadis Ketahanan Pangan, Muslim Harahap, Dirut PD Pasar, Rusdi Sinuraya dan Kadis Kesehatan, Usma Polita. (Mahbubah Lubis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *